Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar
matematika setelah menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Untuk
mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model
pembelajaran Team Assisted Individuallyzation. Untuk mengetahui apakah hasil
belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Explicit Instruction lebih baik daripada model pembelajaran Team Assisted
Individuallyzation dikelas VII SMP Muhammadiyah 06 Belawan t.p 2016/2017 yang
terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 264 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 1
dan kelas VII-2 yg berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1
adalah 58,06 dan nilai rata-rata post-test adalah 66,43. Sedangkan untuk kelas
eksperimen 2 rata-rata nilai pretest adalah 59,5 dan rata-rata post-test adalah 81,83.
Dan hasil perhitungan menggunakan uji pihak kanan diperoleh harga t’ = 46,06
setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,70 ternyata t’ > ttabel sehingga H0 ditolak
dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika sisw a
yang menggunakan model Team Assisted Individuallyzation lebih baik dari pada
menggunkn model Explicit Instruction di kelas VII SMP Muhmmadiyah 06 Belawan
T.p 2016/2017