DSpace Repository

Analisis keefektifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Aida, Basra
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:10:29Z
dc.date.available 2020-11-17T08:10:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12775
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika melalui Model Pembelajaran Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 55 dengan 10 siswa yang tuntas dan 24 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 29,41%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84% dengan 30 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88 %. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 75% dan berada dalam kategori Aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 85% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Mind Mapping pada pokok bahasan Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika Siswa en_US
dc.subject Model Mind Mapping en_US
dc.title Analisis keefektifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account