dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan
mempengaruhi motivasi dalam belajar matematika siswa SMK Negeri 9 Medan T.P
2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor yang
signifikan mempengaruhi Motivasi dalam belajar matematika siswa yang totalnya ada 50
item pernyataan yang terdiri dari 10 item tentang suasana Belajar, 10 item tentang Adanya
Pujian, 10 item tentang Minat, 10 item tentang Imbalan,dan 10 item tentang Hasrat. Hasil uji
validitas dari 50 item pernyataan diperoleh 48 item valid dan 2 item yang tidak valid. Sebagai
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 9 Medan. Kelas X RPL1
yang terdiri dari 32 siswa, X RPL 2 yang terdiri dari 30 siswa, X RPL 3 yang terdiri dari 29
siswa dan X RPL 4 yang terdiri dari 34 siswa,dan X RPL 5 yan terdiri dari 31 siswa. maka
total populasi berjumlah 156 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini
adalah kelas X RPL yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 7 orang X RPL 1, 7 orang X RPL
2, 6 orang X RPL 3, 7 orang X RPL 4, dan 7 orang X RPL 5 yang berjumlah keseluruhan 34
siswa. Hasil uji reliabilitas dari 50 item pernyataan valid. Hasil uji normalitas dari semua data
yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai
yang positif. Hal ini berarti keempat variabel benar-benar memberikan dampak positif dalam
meningkatkan motivasi siswa yaitu suasana belajar memiliki nilai sebesar 0,539, artinya
variabel suasana belajar mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar
53,9%, variabel adanya pujian memiliki nilai sebesar 0,559, artinya variabel adanya pujian
mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 55,9%, variabel Minat
memiliki nilai sebesar 0,673 artinya variabel minat mempengaruhi motivasi siswa dalam
belajar matematika sebesar 67,3%, variabel Imbalan memiliki nilai sebesar 0,832, artinya
variabel imbalan mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 83,2% dan
variabel hasrat memiliki nilai sebesar 0,819, artinya variabel hasrat mempengaruhi motivasi
siswa dalam belajar matematika sebesar 81,9%. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai
total variance explained bernilai 5 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component
matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang
mempengaruhi motivasi siswa dikarenakan nilai component matrix suasana belajar,adanya
pujian, imbalan, hasrat berada pada faktor pertama yang mempengaruhi motivasi belajar
matematika siswa dikarenakan nilai komponen matrix pertama lebih besar dari faktor kedua.
Sedangkan variabel minat berada difaktor kedua, dikarenakan nilai komponen matrix kedua
lebih besar dari faktor pertama. Oleh karena itu nilai imbalan memiliki nilai yang signifikan. |
en_US |