Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah dengan
penerapan model pembelajaranThink Talk Write dapat meningkatkan kemampuan
belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 04 Medan T.P 2016/2017”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiapakah dengan penerapan model
pembelajaranThink Talk Write dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika
pada siswa di SMK Muhammadiyah 04 Medan T.P 2016/2017. Objek dalam
penelitian ini adalah penerapan dengan modelThink Talk Write untuk meningkatkan
kemampuan belajar matematika siswa di kelas XI AP SMK Muhammadiyah 04
Medan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk
memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa dan observasi digunakan
untuk menghasilkan perubahan siswa. Dari hasil penelitian siklus I dapat di lihat dari
36 siswa diperoleh persentase ketuntasan siswanya pada siklus I hanya 9 orang saja
yang tuntas sekitar 25%,pada siklus II persentase meningkat ketuntasan siswanya
sebanyak 19 orang sekitar 52% dan pada siklus III dengan persentase meningkat
ketuntasan siswanya sebanyak 31 orang sekitar86,1%. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan modelThink Talk Write dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa pada materi Peluang.