Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi apa saja Program
Pengurus Ranting Muhammadiyah Denai di SD Terpadu Muhammadiyah 36
Medan, bagaimana Peranan Pengurus Ranting Muhammadiyah Denai dalam
mengelola pendidikan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 dan apa saja faktor
pendukung dan penghambat bagi Pengurus Ranting Muhammadiyah Denai dalam
mengelola pendidikan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Program Pengurus Ranting Muhammadiyah
Denai di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan,untuk mengetahui Peranan
Pengurus Ranting Muhammadiyah Denai dalam mengelola pendidikan di SD
Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat bagi Pengurus Ranting Muhammadiyah Denai dalam mengelola
pendidikan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini
penelitian kualitatif. Populasinya Ranting Muhammadiyah Denai dan Sekolah SD
Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan sampelnya 5 Pimpinan Ranting,Kepala
sekolah dan 10 orang guru. Hasil penelitiannya Pimpinan Ranting
Muhammadiyah Denai memiliki kontribusi dan peranan penting terbukti dengan
Pimpinan Ranting Muhammadiyah Denai mendapat kepercayaan oleh
masyarakat, dengan meningkatnya jumlah siswa pertahun pelajarannya dan juga
prestasi yang diraih oleh guru dan siswa cukup menggembirakan.