DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Tamiang, Juneidy
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:47:57Z
dc.date.available 2020-11-17T07:47:57Z
dc.date.issued 2016-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12733
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 19 siswa(52,78%) dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  2,80). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 32 siswa(88,89%) dari 36 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  2,80). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,11%. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini terpenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 2,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,26. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 0,79 yang berada pada kategori baik. Pada tindakan siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah untuk setiap indikator yang diteliti yaitu pada indikator memahami masalah menjelaskan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 88,89%, pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah pada siklus I sebesar 86,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator menyelesaikan masalah sesuai rencana pada siklus I sebesar 36,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 16,67%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account