Abstract:
Keunggulan bersaing adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Customer Relationship Management dan Strategi Pemasaran Terhadap
Keunggulan Bersaing pada PT. Distrindo Bintang Agung Medan. Dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif dan kuantitatif, yaitu
penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat.
Sampel penelitian 100 responden. Hasil uji –t menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan antara variabel CRM (X1) terhadap keunggulan bersaing (Y),
diperoleh nilai thitung sebesar 4,666 sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka
signifikan sebesar 0.000<0.05 atau thitung 4,666>ttabel 1,984 Hasil uji-t diatas
menunjukkan bahwah ada pengaruh yang signifikan antara variabel strategi
pemasaran (X2) terhadap keunggulan bersaing (Y), diperoleh nilai thitung sebesar
3,531 sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.001 > 0.05
atau thitung 3,531 < ttabel 1,984. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh
CRM dan Strategi Pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan hasil
pengolahan data terlihat bahwa nilai Fhitung (31,636) > Ftabel (2.70). Nilai koefisien
determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0.569, hal ini memiliki arti bahwa
56,9% variabel keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh variabel CRM, strategi
pemasaran, sedangkan sisanya sebesar 43.1% diterangkan oleh variabel yang
tidak diteliti.