Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap kemampuan representasi
matematis siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah apakah ada pengaruh model pembelajaran Connected
Mathematics Project terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri
24 Medan T.P 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 24 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yaitu kelas VIII-G yang berjumlah
29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk
uraian yang telah divalidkan berjumlah 10 butir soal untuk pretest dan post test. Dari
hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata – rata nilai pretest dan post test
berturut - turut adalah 66,7241 dan 90,5172. Dari hasil perhitungan pretes dan postes
diperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis 46,6,% dibandingkan
dengan seebelum menggunakan model Connected Mathematics Project atau metode
konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model
pembelajaran Connected Mathematics Project terhadap kemampuan representasi
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan tahun pelajaran 2016/2017.