Abstract:
Loyalitas karyawan merupakan tingkat kesetiaan seseorang setelah
membandingkan kinerja/ hasil yang dirasakan dengan harapannya. Loyalitas
merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
Dengan adanya loyalitas karyawan maka akan tercipta prestasi kerja karyawan
yang dimana prestasi kerja yaitu hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang
dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan
tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16.0. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran
angket terhadap 20 orang karyawan PT. Bank Syariah Mandiri KCP PadangBulan
Medan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas,
selanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas dengan
menggunakan uji hipotesis berupa uji f hasil dan koefisien determinasi (R2
).
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semakin baik dan
positifnya loyalitas karyawan maka semakin baik prestasi kerja karyawan. Hal ini
ditunjukkan dari nilai f hitung pada variabel loyalitas karyawan (X) sebesar
25,840 dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu 4,41 yang berarti loyalitas
karyawan (X) berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan (Y).
loyalitas karyawa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja karyawan
karena faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja yaitu loyalitas karyawan.
Hasil koefisien determinasi R2
(R square) sebesar 0,589 menunjukkan bahwa
loyalitas karyawan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan sebesar 0,589
atau 58,9%. Sedangkan sisanya sebesar 41,1% dipengaruh oleh faktor lain di luar
variabel penelitian.