Abstract:
Etika bisnis merupakan acuan yang akan menjadi nilai tambah di mata
konsumen bagi perusahaan yang menerapkannya dengan sungguh-sungguh. Nilai
tambah ini dapat meningkatkan citra perusahaan menjadi lebih baik sehingga
jumlah konsumen bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dari etika bisnis dalam pandangan Nasabah terhadap citra BMT El-Munawar
Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sample random sampling.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16.0. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran
angket terhadap 44 orang nasabah BMT BMT El-Munawar Medan. Teknik
analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya metode untuk
menganalisis data menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan
menggunakan uji hipotesis berupa uji t dan koefisien determinasi (R2
).
Hasil analisis regresi didapatkan persamaan regresi Y = 13,836 + 0,606 X,
yang berarti Koefisien regresi pada Etika Bisnis dalam Pandangan Nasabah
berpengaruh positif sebesar 0,606 dalam mempengaruhi Citra BMT El-Munawar
Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara Etika Bisnis dalam Pandangan Nasabah terhadap Citra BMT El-Munawar
Medan dengan nilai t hitung 5,508 > t tabel 2,018. Nilai R2
(R square) sebesar
0,419 menunjukkan bahwa Etika Bisnis dalam Pandangan Nasabah berpengaruh
terhadap Citra BMT BMT El-Munawar Medan sebesar 41,9% dan sisanya sebesar
58,1% dipengaruh oleh faktor lain di luar variabel penelitian.