DSpace Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetio, Bambang Joko
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:56:58Z
dc.date.available 2020-11-17T06:56:58Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12640
dc.description.abstract Pada penelitian ini ditemukan beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah “Bagaimana ketuntasan belajar siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi bangun datar di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”, “Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi bangun datar di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”, dan “Bagaimana hubungan timbal balik (interaksi) siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015, Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015, dan Untuk mengetahui hubungan timbal balik (interaksi) siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran student team heroik leadership pada materi pecahan di kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015. Pada penelitian ini diambil subjek dari siswa SMP Swasta Biudisatrya Medan, kelas VII-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Tes yang diberikan terdiri dari 10 tes yang berbentuk essay test sedangkan observasinya sebanyak 20. Tes digunakan untuk mengukur ketuntasan belajar matematika siswa, dan melihat ketercapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan observasi digunakan untuk mengukur keefektifan belajar dengan menggunakan strategi Student Team Heroic Leadership. Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada tes yang telah dilakukan, dengan subjek sebanyak 36 siswa dan 10 butir soal essay, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 78,47%. Simpangan baku sebesar 12,00. Korelasi XY adalah 0,45. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,62 dengan kriteria “Reabilitas Tinggi”. Sedangkan pada observasi kegiatan siswa saat kegiatan belajar berlangsung, dengan subjek sebanyak 36 siswa dan 20 point aktivitas siswa, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 71,06%. Simpangan baku sebesar 11,50. Korelasi XY adalah 0,92. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,96 dengan kriteria “Reabilitas Sangat Tinggi”. Sementara pada tingkat ketuntasan belajar, persentase siswa tuntas sebesar 86,11% dan siswa tidak tuntas sebesar 13,89%. Melihat persentase ketuntasan belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa analisis keefektifan belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Heroik Leadership adalah sangat baik. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Budi Satrya Medan T.P. 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account