Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada
pengaruh yang signifikan antara model Explicit Instruction terhadap kemampuan
pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017. (2) Berapa persen pengaruh model Explicit Instruction terhadap
kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Explicit Instruction
terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui Berapa persen pengaruh
model Explicit Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa
SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang
berjumlah 64 orang yaitu 32 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan
32 orang siswa VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data
menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis.
Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t
diperoleh harga thitung (4.7963) setelah dibandingkan dengan ttabel (1.999), ternyata
thitung (4.7963) > ttabel (1.999) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada
pengaruh antara model pembelajaran Explicit Instruction terhadap Kemampuan
Pemahaman Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 96.7468%.