Abstract:
Akhlak terpuji merupakan perbuatan yang harusnya dimiliki oleh setiap
muslim. Karena rasulullah telah memberikan contoh dan suri tauladan yang baik
bagi umatnya. Seperti hal nya dalam kehidupan sosial yaitu berbicara, bersikap,
bertindak dan menghadapi masalah.Tetapi agaknya nilai-nilai tersebut mulai
merosot di karenakan oleh kecanggihan teknologi yang terkadang tidak mendidik.
Hal ini di buktikan oleh sikap tidak perduli terhadap temannya, menurunnya
sikap simpati dan empati mereka. Maka dari itu perlu adanya pembelajaran
akhlak terpuji bagi anak-anak, khususnya di tingkat sekolah dasar agar generasi
mendatang memiliki akhlakul karimah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV pada Sekolah Dasar Negeri 050743 Kec.Babalan Pangkalan Berandan tahun
ajaran 2016/2017.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan
kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi
dan dokumentasi. Pelaksaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang
dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa
menggunakan Metode Make A Match yakni siklus 1 sampai siklus 2 dapat dilihat
bahwa adanya peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa melalui metode
make a match yaitu pada siklus 1 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat
40%, pada siklus 2 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat sampai 80%.
Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan dua dapat disimpulkan
bahwa dengan melalui Metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar
akhlak terpuji siswa.