Abstract:
Terminal adalah tempat pelayanan umum, tempat turun naiknya penumpang,
tempat perpindahan antar angkutan umum serta tempat mengatur kedatangan dan
keberangkatan angkutan umum. Terminal Bandar Kajum Tebing Tinggi
merupakan terminal tipe A. Untuk mengevaluasi kinerja teknis terminal Bandar
Kajum dilakukan penelitian tujuannya agar dapat mengetahui bagaimana tingkat
pelayanan di terminal Bandar Kajum. Agar mendapatkan hasil yang akurat harus
dimulai dari survey lokasi, menyiapkan kuisioner pertanyaan untuk penumpang
dan supir, menghitung angkutan umum yang keluar dan masuk serta menghitung
kendaraan yang masuk pelataran parkir. Survey dilakukan selama 3 hari Sabtu,
Senin, Selasa dari jam 06.00 – 18.00. Setelah semua data didapat maka dapat
dilakukan pengolahan untuk mendapatkan hasil penelitian. Pengolahan data
diambil 1 hari terdapat untuk mewakili data yang lainnya dan hari terdapat terjadi
pada hari selasa dengan jumlah angkutan umum 690 kendaraan/jam. Dari
pengolahan dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya pelayanan di Terminal
Bandar Kajum karena banyak fasilitas-fasilitas terminal yang kurang baik. Untuk
perparkiran didapat jumlah kendaraan yang parkir maksimum ANGKOT 11
kendaraan/jam, AKAP 0 kendaraan/jam, AKDP 13 kendaran/jam, AKDES 5
kendaraan/jam. Sedangkan daya tampung parkir yang tersedia untuk jenis-jenis
angkutan umum: ANGKOT 1284 kendaraan/jam, AKAP 200 kendaraan/jam,
AKDP 762 kendaraan/jam dan AKDES 606 kendaraan/jam.