Abstract:
Perkembangan teknologi seperti saat ini memegang peranan penting dalam
kehidupan manusia. Bahkan sekarang dengan memanfaatkan kecanggihan terknologi
layanan transportasi dapat di akses.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan antara variabel
penentu kepuasan dengan tingkat kepuasan konsumen pengguna layanan jasa
transportasi online di Kota Medan.
Dari 100 jumlah responden yang dipilih secara acak, terdapat 41% laki-laki
dan 59% perempuan. Menurut klasifikasi usia responden, 15-18 tahun yaitu 15%, 19-
24 tahun 55%, 25-40 tahun 20%, dan yang berusia 41-60 tahun 10%. Profesi sebagai
pelajar/mahasiswa 70%, pegawai/karyawan 20%, wiraswata 10%. Pengguna jasa
sebagai penumpang 70%.
i
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa seluruh indikator variabel penentu
kepuasan mendapatkan hasil yang berhubungan, yang berarti variabel penentu
kepuasan saling berhubungan dan terikat dan yang paling dominan dan berkontribusi
besar terhadap kepuasan konsumen pengguna layanan jasa transportasi online yaitu
pada variabel Assurance (X4) dengan indikator keamanan (X4.2) dengan hasil 55%
yang berarti keamanan dari layanan transportasi online merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi layanan jasa transportasi online.