DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P. 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Dinda Indriani
dc.date.accessioned 2020-11-17T02:05:01Z
dc.date.available 2020-11-17T02:05:01Z
dc.date.issued 2020-11-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12280
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 39 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Nilai sesudah tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII-5 MTs. Hifzhil Qur’an Medan adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar siklus I sesudah tindakan dengan ratarata 72,82 dan ketuntasan klasikal 61,53%. (2) Hasil belajar siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 86,67 dan ketuntasan klasikal 87,17%. Dengan demikian, dari hasil tindakan di atas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) meningkat pada setiap siklus. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P. 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account