Abstract:
Kualitas Produk adalah keseluruhan ciri serta dari suatu produk atau
pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan/
tersirat. Citra Merek adalah persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh
konsumen, seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori
konsumen. Keputusan Pembelian adalah kegiatan individu yang secara langsung
terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap
produk yang ditawarkan oleh penjual.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui Pengaruh Kualitas
Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Mifi Smartfren di
kota Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekataan asosiatif.
Populasi yang digunakan adalah 100 (seratus) responden. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini adalah aciedental sampling sehingga responden dipilih
berdasarkan kebetulan untuk dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data
primer, yang diperoleh dari hasil kuesioner. Model analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan
software SPSS dan untuk pengujian hipotesisnya, peneliti mengunakan uji- t
(parsial) dan uji F (Simultan).
Hasil Uji t pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian
menunjukan bahwa nilai Probabilitas sig 0,360 > 0,05. Hal tersebut menunjukan
bahwa hipotesis nol(Ho) diterima dan Ha ditolak. Hasil Uji t pengaruh Citra
Merek terhadap Keputusan Pembelian menunjukkan bahwa nilai probabilitas sig.
0,000 < 0,05. Hal tersebut menujukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha
diterima. Kualitas Produk dan Citra Merek secara simultan terhadap Keputusan
Pembelian produk Mifi Smartfren di kota Medan dapat dilihat dari uji F yang
menunjukan nilai sig. 0,000 < 0,05 Menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil
Uji Determinasi menunjukkan nilai Rsquare adalah sebesar 0,514 atau sama
dengan 51,4 % dan sisanya 38,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukan ke dalam model penelitian ini.
Simpulan penelitian secara simultan Kualitas Produk dan Citra Merek
berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Mifi Smartfren di kota
Medan.