Abstract:
Keputusan pembelian dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranya,
personal selling dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian Oppo Smartphone diUniversitas muhammadiyah Sumatera Utara.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner yang diuji
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik,
regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan personal selling tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dengan thitung 0,782 < 1,991 ttabel dan 0,436 > 0,05, kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan thitung 2,633 > 1,991 dan 0,010 < 0,05.
Hasil uji F Fhitung 3,940 > 3,130 dan 0,023 < 0,05 artinya ada pengaruh personal
selling dan kualitas produk secara signifikan terhadap keputusan pembelian
Oppo Smartphone diUniversitas muhammadiyah Sumatera Utara
Nilai koefisien determinasi sebesar 9,3%, memperlihatkan kontribusi
personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan sisanya
90,7% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti