DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Konsep Sains Melalui Metode Demonstrasi di RA AlQur'an Ulfah Padang Sidimpuan

Show simple item record

dc.contributor.author Nurlina
dc.date.accessioned 2020-11-13T01:32:52Z
dc.date.available 2020-11-13T01:32:52Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10950
dc.description.abstract rendahnya pemahaman sebagian besar anak dalam kegiatan sains RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan. Selain itu, penerapan sains dalam prakteknya sulit dilakukan anak. Hal ini sesuai dengan kondisi di lapangan bahwa anak hanya sebatas mengetahui yang telah ada, tanpa memahami dengan jelas secara konsep. Anak cenderung tidak mengetahui dari mana sesuatu itu berasal.Anak kurang memiliki kemampuan dalam mengamati dan praktek langsung dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep sains melalui metode demonstrasi di RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, tanya jawab, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 anak di RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan.Tahun Pelajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Hasil analisis data pada grafik prasiklus berhasil mencapai nilai rata-rata 20%, siklus I: 31.66%, Siklus II:70.91% dan Siklus III 85.83%. Simpulan penelitian ini adalah melalui Melalui Metode Demonstrasidapat meningkatkan konsep sains di Kelompok B RA AlQuran Ulfah Padang Sidimpuan. en_US
dc.subject Konsep Sains en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Demonstrasi en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Konsep Sains Melalui Metode Demonstrasi di RA AlQur'an Ulfah Padang Sidimpuan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account