Abstract:
rendahnya pemahaman sebagian besar anak dalam kegiatan sains RA Al-Quran Ulfah
Padang Sidimpuan. Selain itu, penerapan sains dalam prakteknya sulit dilakukan anak.
Hal ini sesuai dengan kondisi di lapangan bahwa anak hanya sebatas mengetahui yang
telah ada, tanpa memahami dengan jelas secara konsep. Anak cenderung tidak
mengetahui dari mana sesuatu itu berasal.Anak kurang memiliki kemampuan dalam
mengamati dan praktek langsung dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan konsep sains melalui metode demonstrasi di RA Al-Quran Ulfah
Padang Sidimpuan.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, tanya jawab, dan
dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang
secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi.
Subjek pada penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 anak di RA Al-Quran
Ulfah Padang Sidimpuan.Tahun Pelajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, tanya jawab dan dokumentasi.
Hasil analisis data pada grafik prasiklus berhasil mencapai nilai rata-rata 20%, siklus I:
31.66%, Siklus II:70.91% dan Siklus III 85.83%. Simpulan penelitian ini adalah melalui
Melalui Metode Demonstrasidapat meningkatkan konsep sains di Kelompok B RA AlQuran
Ulfah
Padang
Sidimpuan.