Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Perilaku Konsumen
Terhadap Keputusan Memilih Produk Halal Di Pasar Tradisional Desa Kota Datar Kec.
Hamparan Perak.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen Sumber Daya Manusia pada Pasar Tradisional Desa
Kota Datar Kec. Hamparan Perak dengan sample 30 orangyang diambil dengan tekik
probability sampling. Variable independen dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen
(X) sedangkan variable dependennya adalah keputusan memilih produk halal (Y). Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Uji instrument
dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas. Teknik analisa datanya adalah dengan
menggunakan, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien
determinasi.
Berdasarkan hasil hipotesis, hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumen
secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan memilih produk
halal dengan nilai Thutung < Ttabel (1,865 < 2,045), dan nilai signifikan yang diperoleh adalah
0,072 (0,072 > 0,05) sehingga H0 diterima Ha ditolak, hal ini berarti perilaku konsumen
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan memilih produk halal.
Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh hasil 0,005 atau 5%, dengan artian bahwa
variable bebas atau perilaku konsumen hanya mampu mempengaruhi variable terikat atau
keputusan memilih produk halal sebesar 5%, dan sisanya sebesar 95% dipengaruhi oleh
variable lain diluar penelitian ini.