DSpace Repository

Penerapan Metode Resitasi Atau Penugasan Dalam Upaya Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Ikhlas Marendal

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Maimunah
dc.date.accessioned 2020-11-12T08:29:25Z
dc.date.available 2020-11-12T08:29:25Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10907
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Apakah penerapan metode resitasi mampu meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kreativitas guru. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Tahun Ajaran 2018/2019. Dari hasil tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal sebelum dilakukan tindakan melalui metode resitasi masih belum berkembang maksimal karena dari aspek yang dilihat masih banyak anak yang belum mampu menuntaskan tugas yang diberikan, belum mampu membereskan peralatan dengan rapi sebagaimana mestinya, dan masih memerlkan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan di luar kelas. Rasa tanggung jawab anak menjadi meningkat setelah dilakukannya kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode resitasi melalui dua kali siklus. Kemudian, penerapan metode resitasi mampu meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keberhasilan tindakan dimana sebelum dilakukan tindakan tingkat keberhasilan rasa tanggung jawab anak hanya mencapai angka 36,11 dengan kriteria “kurang”. Sementara setelah dilakukan tindakan pada siklus I perolehan keberhasilan mencapai angka 66,66 % dengan kriteria “baik”, dan pada tindakan siklus II semakin meningkat mencapai angka 88,89 % dengan kriteria ”baik sekali”. en_US
dc.subject Tanggung Jawab en_US
dc.subject Metode Resitasi en_US
dc.title Penerapan Metode Resitasi Atau Penugasan Dalam Upaya Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Ikhlas Marendal en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account