Abstract:
eran seorang humas pada saat ini menjadi bagian yang sangat vital dalam
organisasi dan perusahaan. Humas berfungsi membantu manajemen dalam
menetapkan tujuan yang hendak dicapai serta menyesuaikan diri terhadap
lingkungan yang selalu berubah-ubah. Praktisi humas bertindak sebagai
komunikator atau mediator utuk membantu pihak manajemen dalam hal untuk
mendengar apa yang diinginkan dan diharapkan oleh publiknya. Humas pada
hotel Inna Dharma Deli Medan memiliki tugas yang tidak mudah, karena begitu
ketatnya persaingan dan banyaknya demonstrasi yang sering terjadi di sekitaran
hotel. Dalam permasalahan ini, humas lah yang harus memikirkan bagaimana cara
untuk memecahkan masalah yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana kontribusi humas pada hotel Inna Dharma Deli Medan
dalam mengatasi berbagai isu-isu publik yang akan mempengaruhi citra hotel.
Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif
yaitu prosedur pemecahan masalah yang di selidiki dengan menggunakan
pengamatan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta
yang terlihat atau sebagaimana adanya. Kemudian data yang dikumpulkan dari
hasil wawancara dengan para narasumber untuk mendeskripsikan bagaimana
kontribusi humas dalam mengevaluasi isu-isu publik yang mempengaruhi citra
hotel, melalui wawancara terbuka dengan pihak humas, staff hotel dan
pengunjung pada hotel Inna Dharma Deli Medan