Abstract:
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil
refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya
dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan
refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus anak RA Radhatul Mahabbah Dolok
Masihul Serdang Bedagai melalui media decoupage dapat ditingkatkan. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari tahap pra tindakan
menunjukan bahwa sedikit sekali anak yang berkriteria berkembang sangat baik. Hasil
analisis pada pra siklus persentase secara keseluruhan hanya mencapai 18,75%. Setelah
aanya tindanyakan siklus I persentase kemampuan motorik halus anak dengan kriteria
berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara keseluruhan meningkat
menjadi 43,75%, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan secara keseluruhan
dengan persentase peningkatan rata-rata mencapai 56,25%, selanjutnya pada siklus III
terjadi peningkatan secara keseluruhan sehingga hasil rata-rata pada siklus III ini adalah
84,4% yang menjadi isyarat bahwa penelitian ini telah berhasil dengan standart minimal
keberhasilan secara keseluruhan adalah 80%.