Abstract:
penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode problem
solving terhadapn hasil belajar siswa di MTs Muhammadiyah Sei Apung Jaya
Kec. Tanjung Balai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini diambil dari siswa
kelas VIII – As Siddiq yang berjumlah 39 orang, namun hanya 30 orang siswa
saja yang diambil sebagai populasi dan sampel. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu; angket, tes, dan
observasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitatif dengan
uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik
korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil
koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5%
dan 1% diperoleh bahwa = 0,483 lebih besar dari pada baik itu dari
taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu
0,483 ≥ 0,361 dan 0,463, Maka (
) diterima. dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh positif antara penggunaan metode problem solving terhadap hasil
belajar siswa di MTs Muhammadiyah Sei Apung Jaya Kec. Tanjung Balai.