Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Ibadah
di kelas VIII Mts Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di kelas VIII Mts Muhammmadiyha 15
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif masuk dalam kategori desain
eksperimen. Populasi ini di ambil dari seluruh siswa kelas VIII sebanyak 46 orang dan
sampel sebanyak 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Pengelolalan penelitian ini
menggunakan uji-t, uji validitas serta realibilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan
antara variabel X1 dan variabel X2. Setelah data terkumpul dihitung menggunakan teknik
uji-t diperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien uji-t dengan tabel nilai t pada
taraf 5% dan 1% di peroleh bahwa thitung . 4,869lebih besar daripada ttabel baik itu taraf
5% 2,11 dan 1% 2,90 dengan formulasi bandingan yaitu 4,869 > 2,11 dan 2,90. nilai
rata-rata dengan metode konfensional 70% dan standar deviasi 8,618. dan nilai rata-rata
dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi 66,47 dan standar deviasi 10,326
maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan model
pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada mata pelajaran
Fiqih Ibadah di Mts Muhammadiayh 15 Medan.