dc.description.abstract |
Judul penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Course
Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Materi Sifat Wajib Bagi Allah Swt Di Kelas II
Muhammadiyah 08 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana hasil belajar siswa pada materi sifat wajib bagi Allah Swt sebelum
menggunakan metode pembelajaran course review horay di kelas II
Muhammadiyah 08 Medan, 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi sifat
wajib bagi Allah Swt dengan menggunakan metode pembelajaran course review
horay di kelas II Muhammadiyah 08 Medan, 3) Apakah terjadi peningkatan hasil
belajar siswa pada materi sifat wajib bagi Allah Swt dengan menggunakan metode
course review horay di kelas II Muhammadiyah 08 Medan. Tujuan penelitian ini
adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sifat wajib bagi Allah
Swt sebelum menggunakan metode pembelajaran course review horay di kelas II
Muhammadiyah 08 Medan, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi
sifat wajib bagi Allah Swt dengan menggunakan metode pembelajaran course
review horay di kelas II Muhammadiyah 08 Medan, 3) Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa pada materi sifat wajib bagi Allah Swt dengan
menggunakan metode course review horay di kelas II Muhammadiyah 08 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan kelas II Muhammadiyah 08 Medan. Penelitian ini
menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data
observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dimulai dari pemberian tes
awal dari 35 orang siswa terdapat 7 orang (20,00%) yang berhasil menuntaskan
nilai ketuntasan minimal (KKM) dan 28 orang siswa (80,00%) yang belum
mendapat ketuntasan belajar. Pada siklus I diperoleh bahwa hanya 10 orang
(28,60%) siswa dari 35 orang siswa yang mendapat nilai berada di atas atau sesuai
nilai ketuntasan belajar (≥ 65), sedangkan sebanyak 25 orang (71,40%) berada di
bawah nilai ketuntasan belajar (≤ 65). Kemudian pada siklus II dari 35 orang
siswa terdapat 3 orang siswa atau 8,6% dari 35 orang memiliki nilai ≥ 90 (tidak
tuntas), sebanyak 25 orang siswa atau 71,4% memiliki nilai antara 65 - 90, dan 10
orang siswa atau 28,6% berada pada nilai ≤ 60. |
en_US |