Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
wudhu dengan menggunakan metode praktek langsung di kelas I SDN 102083 Pabatu.
Penelitian ini adaah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan kegiatan:
perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas I SDN 102083 Pabatu yang terdiri dari 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data
yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada tes awal dari 10
siswa 3 siswa (30,00%) mendapatkan nilai sesuai KKM, dan 7 siswa (70,00%) belum
mendapat nilai sesuai KKM dan rata-rata yang diperoleh sebesar 54,50%. Pada siklus I
dari 10 siswa 6 siswa (60,00%) yang mendapat nilai sesuai KKM, dan 4 orang siswa
(40,00%) belum mendapat nilai sesuai KKM dengan rata-rata hasil belajar yang
diperoleh adalah sebesar 68,50%. Dan pada siklus II dari 10 siswa 9 siswa (90,00%)
yang memperoleh nilai sesuai KKM, dan 1 orang siswa (10,00%) belum memperoleh
nilai sesuai KKM dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 84,50%.