DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK IRA Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Habrida Oktaviani
dc.date.accessioned 2020-11-12T04:42:41Z
dc.date.available 2020-11-12T04:42:41Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10809
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu media Flashcard di kelas X SMK IRA Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK IRA Medan yang beralamat Jl. Pertiwi No.111/53-B, Medan, Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu media Flashcard. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui test hasil belajar akuntansi, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 53,33% (16 siswa) memenuhi ketuntasan nilai rata-rata 70,5, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II yaitu 83,33% (25 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 82,67 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan dan telah memenuhi kriteria KKM ≥75. Sehingga penelitian berhenti di siklus II. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana > yaitu 9,375 > 2,045. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK IRA Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Flashcard en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK IRA Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account