dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan
metode hiwar terhadap hasil belajar siswa kelas X2 pada mata pelajaran bahasa arab di
MA Muhammadiyah 1 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar bahasa arab siswa setelah
menggunakan model pembelajaran metode hiwar di kelas X2 MA Muhammadiyah 1
Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian eksperimen ini
masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh kelas
sebanyak 136 orang dan Sampel yang diambil dari seluruh siswa X2 yaitu 28 orang.
Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Angket
dan tes. Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus product moment, reliabilitas,
dan uji ‘t” hipotesis.Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik
korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil korelasi
product moment dengan table nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% dan
1% diperoleh bahwa r = 0,825 lebih besar padar baik itu taraf signifikansi 5%
(0,425) dan 1% (0,537) dengan formulasi bandingan yaitu 0,923 ≥ 0,374 dan 0,478. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara penerapan metode hiwar
terhadap hasil belajar siswa kelas X2 pada mata pelajaran bahasa arab di MA
Muhammadiyah 1 Medan. |
en_US |