dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Adab Bergaul dengan Saudara dan Teman Di MTs
Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Course Riview Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Adab
Bergaul dengan Saudara dan Teman Di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk
ke dalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari kelas VIII
sebanyak 32 orang dan Sampel yang diambil sebesar 16 siswadikelas VIII-1dan
16siswa di kelas VIII-2. Penelitian ini dilakukanmenggunakan beberapa teknik
pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tesPengolahan analisis data ini
menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh bahwa kedua kelompok sampel
memenuhi syarat-syarat pengujian hipotesis “t”. Pengujian hipotesis ini
dilakukan dengan statistik t, dari hasil perhitungan pada lampiran di peroleh t
hitung 46,87dengan menggunakan nilai t tabel , yaitu dk = n-2 maka 16-2 = 14 dan
α = 0,05 sehingga diperoleh t tabel = 2,145, karena t hitung > t tabel dengan
demikian H a diterima H 0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Course Riview Horay Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Adab Bergaul dengan Sudara dan Teman Di
MTs Muhammadiyah 15 Medan. |
en_US |