Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan
pendekatan saintifik di kelas V SD Swasta Amanah Lubuk Pakam. Penelitian
dilaksanakan di kelas V SD Swasta Amanah Lubuk Pakam yang berjumlah dari
16 orang siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini pada
tes awal dari 16 orang siswa terdapat 6 orang siswa (37,50%) yang memperoleh
ketuntasan belajar, dan 10 orang siswa (62,50%) yang belum memperoleh
ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 58,12%. Pada siklus I dari 16
orang siswa terdapat 9 orang siswa (56,25%) yang mendapat ketuntasan belajar,
sedangkan 7 orang siswa (43,75%) yang belum memperoleh ketuntasan belajar
siswa dan rata-rata skor yang didapat adalah sebesar 65,00%. Pada siklus II dari
16 orang siswa terdapat 14 siswa (87,50%) yang mendapat ketuntasan belajar, dan
2 siswa (12,50%) yang belum mendapat nilai ketuktasan belajar. Sedangkan ratarata yang diperoleh dari hasil belajar siswa adalah sebesar 78,12%.