Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh
penggunaan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PAI di SMP YWKA Medan. Sedangkan yang menjadi
tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil
belajar PAI siswa setelah menggunakan model pembelajaran Number Head di
SMP YWKA Medan
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian
eksperimen ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini
diambil dari seluruh kelas sebanyak 44 orang dan Sampel yang diambil dari
seluruh siswa IX –B yaitu 22 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu Angket dan tes. Pengolahan analisis
data ini menggunakan rumus product moment, reliabilitas, dan uji „t” hipotesis.
Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi
product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil korelasi
product moment dengan table nilai “r” product moment pada taraf signifikansi
5% dan 1% diperoleh bahwa = 0,825 lebih besar pada baik itu taraf
signifikansi 5% (0,425) dan 1% (0,537) dengan formulasi bandingan yaitu
0,825≥ 0,425 dan 0,537. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif
antara penggugunaanmodel pembelajaran Number Head Together terhadap hasil
belajar PAI siswa di SMP YWKA Medan.