Abstract:
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan
menunjukkan adanya kendalanya yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar
siswa, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode The Power Of Two dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Memahami
Akidah Islam kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kekas (PTK). Subyek penelitian ini adalah Seluruh
siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan yang berjumlah 37 orang siswa.
Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data
menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus dengan langkah-langkah : a). Menyusun rencana kegiatan. b).
Pelaksanaan tindakan. c). Observasi. d). Refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua
menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada
siklus kedua. Penelitian menunjukkan bahwa metode The Power Of Two dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa
pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah, setelah diadakan perbaikan
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 76,21 dan tingkat kberhasilan
siswa terdapat 21 orang siswa dari 37 siswa ketercapaian test awal nilai hasi belajar
siswa mencapai 56%. Brarti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar.
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 83,78, keberhasilan dalam
belajar siswa terdapat 34 orang siswa yang tuntas, brarti tingkat ketercapaian hasil
belajar siswa mencapai 100% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.
Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses
belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa daoat meningkat.