Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tagline “tunjukkan
kulit cerah alamimu” pada iklan Clean & Clear Natural Bright Face Wash terhadap
keputusan pembelian remaja putri di Kelurahan Tanjung Mulia Lingkungan 17 Kota
Medan Sumatera Utara. Tagline merupakan suatu ungkapan pendek yang berisi
pesan yang padat dan mudah diingat sedangkan iklan merupakan sarana komunikasi
antara produsen dengan konsumennya, dengan menawarkan produk baik itu barang
ataupun jasa kepada konsumennya. Keputusan pembelian adalah pemilihan suatu
tindakan dari dua atau lebih alternatif pilihan. Clean & Clear Natural Bright Face
Wash merupakan sebuah produk pencuci muka yang didesain untuk kulit remaja.
Teori dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R dan Teori AIDA. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey, informasi
yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan instrumen kuesioner.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan analisis tabel
tunggal serta menggunakan kolerasi product momen persons untuk menguji
koefisisen kolerasi antara dua variabel. Penelitian ini di lakukan di Kelurahan
Tanjung Mulia Lingkungan 17 Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 56
responden. Dari hasil uji analisis korelasi product moment persons yang dilakukan,
menunjukkan bahwa hasil r hitung korelasi pengaruh tagline “tunjukan kulit cerah
alamimu” dan keputusan pembelian diperoleh nilai sebesar 0,325. Hal ini
menunjukkan bahwa hubungan antar kedua variabel bernilai agak kuat, karena
berada pada interval kolerasi 0,20 sampai 0,40 seperti yang tercantum pada tabel 3.2
Interval Koefisien Kolerasi. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini
bahwa nilai r sebesar 0,325, hal ini menunjukan bahwa nilai r > 0 maka telah terjadi
hubungan linier positif maka Ha diterima dan Ho ditolak.