DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Sri
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:04:23Z
dc.date.available 2020-11-11T08:04:23Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10472
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi “Lingkaran” dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 (2) Bagaimana pemahaman konsep matematika pada materi ”Lingkaran” menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Tujuan dari penelitian (1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi “Lingkaran” dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 (2) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika pada materi ”Lingkaran” menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII-C SMP Ngeri 6 Medan T.P 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep matematika dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi lingkaran menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar, dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika model pembelajaran reciprocal teaching pada materi lingkaran siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata 52,29 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 5,7%. (2) Pada siklus I rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 71,29 dan persentase pemahaman konsep matematika siswa 40%, (3) Pada siklus II rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 88,29 dan persentase pemahaman konsep matematatika sebesar 88,6%. en_US
dc.subject Pemahaman konsep matematika en_US
dc.subject Reciprocal Teaching en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account