DSpace Repository

Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Retno Tri Pinuji
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:49:17Z
dc.date.available 2020-11-11T06:49:17Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10336
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018? (2) Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018.(2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dan yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 131 siswa. Angket yang digunakan terdiri atas angket perhatian orang yang berjumlah 28 butir pertanyaan, angket motivasi belajar yang berjumlah 18 butir pertanyaan, dan angket lingkungan sosial yang berjumlah 27 butir pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai Fhitung = 16,064 > nilai Ftabel = 2,68, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05. Sedangkan nilai thitung untuk perhatian orang tua adalah 2,867, motivasi belajar adalah 4,819, dan untuk lingkungan sosial adalah 3,156 lebih besar dari nilai ttabel = 1,979, dengan nilai signifikan masing-masing adalah perhatian orang tua = 0,005, motivasi belajar = 0,000, dan lingkungan sosial = 0,002, lebih kecil dari 0,05, yang artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perhaitan orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap variabel prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 47 Sungal, dengan besarnya variabel perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial yang dapat dijelaskan oleh prestasi belajar Matematika adalah sebesar 26,7%, sedangkan sisanya, yaitu 73,3% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.subject Perhatian orang tua en_US
dc.subject Motivasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account