Abstract:
Metode pembelajaran ekspositori adalah metode pembelajaran yang menekankan
kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seseorang guru kepada
kelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat meenguasai materi pelajaran
secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan belajar
matematika materi Kesebangunan di kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P
2014/2015, serta untuk mengetahui berapa persen pengaruh penerapan model
ekspositori terhadap kemampuan belajar matematika materi Kesebangunan di
kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015 Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P
2014/2015 yaitu sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan
purposive sampling. Sehingga sampel pada penilitan ini adalah keals IX-3 SMP
Muhammadiyah 7 T.P 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik
penugmpula data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan
angket (kuesioner) sedangkan untuk variable Y dilakukan tes. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik statistic yaitu korelasi
produk moment dari Karl Pearsonm uji-t dan koefisien determinasi. Adapun yang
menjadi hasil dari penelitian yaitu model Pembelajaran eksposotori di kelas IX
SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015 rata-rata 79,63 dan standar deviasi
sebesar 12,78. Tingkat kemampuan belajar matematika siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 7 Medan diperoleh rata-rata 72,03dan standar deviasinya sebesar
7,93. Pengaruh model pembelajaran ekspositori siswa SMP Muhammadiyah 7
MEDAN mempunyai hubungan yang berarti dan signifikan dengan kemampuan
belajar matematika, artinya makin tinggi penggunaan model pembelajaran
ekspositori makin tinggi pula kemampuan belajar matematika. Model
pembelajaran ekspositori berpengaruh pada kemampuan belajar matemktika
siswa.