DSpace Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuningsih, Dwi
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:12:20Z
dc.date.available 2020-11-11T04:12:20Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10203
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) berbasis Pendekatan Saintifik pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 02 Medan, Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,54 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,43 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,68 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,32 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata THB yaitu 4,70 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 4,87 dari maksimal 5,00 dengan kriteria sangat bai en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account