DSpace Repository

Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Cerita SPLDV Kelas VIII Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Febiansyah, Febri
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:50:41Z
dc.date.available 2020-11-11T03:50:41Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10176
dc.description.abstract Matematika merupakan materi yang manfaatnya dapat kita rasakan pada kehidupan sehari – hari, seperti materi SPLDV yang tanpa kita sadari ada dalam kehidupan kita, namun ketika peneliti dalam proses magang 3 disekolah SMP Muhammadiyah 49 Medan tepatnya dikelas VIII, masih ada sebagian siswa yang merasa kesulitan atau kurang paham pada materi SPLDV, terkhusu pada soal cerita SPLDV. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini ialah 1. Apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mengerjakan soal cerita SPLDV? 2. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi faktor penyebab kesulitan dalam mengerjakan soal cerita SPLDV?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi SPLDV terkhusus soal cerita, kemuadian mencari solusi untuk mengantisipasi faktor penyebab kesulitan tersebut.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan populasinya kelas VIII sebanyak 25 siswa, dan sampelnya sebanyak 7 siswa yang terindikasi nilai ulangan dibawah KKM setelah mendapat informasi nilai siswa dari guru yang mengajar materi SPLDV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui selebaran angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu persentase angket faktor internal dan eksternal meliputi (minat 23%, motivasi 27%, konsentrasi 37%, kebiasaan belajar 17%, inteligen 11%, lingkungan keluarga 37%, lingkungan sekolah 43%, dan teman sebaya 11%). Hasil wawancara yakni faktor internal dan eksternal.Upaya untuk mengantisipasinya yaitu bagi guru, dalam mengajar menggunakan varian dalam mengajar, menggunakan media yang menarik, dan selalu membahas soal – soal supaya memacu motivasi siswa untuk lebih mudah dalam memahami materi, dan bagi murid, mindset yang dibangun selama ini harus dirubah dan ini juga harus ada batuan dari guru dan palaing penting kerjasama yang baik atara guru dan murid harus terjalin. en_US
dc.subject Kesulitan Belajar en_US
dc.subject Soal Cerita en_US
dc.subject Persamaan Linear Dua Variabel en_US
dc.title Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Cerita SPLDV Kelas VIII Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account