DSpace Repository

Penerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Pada Latihan Melalui Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mas Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2017-2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Yani, Hadist Elfitri
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:41:47Z
dc.date.available 2020-11-11T02:41:47Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10103
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui penggunaan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X-MIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi pada kelas XMIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa kelas X-MIA’B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 yang terdiri dari 38 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi dengan pokok bahasan Matriks. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat tingkat ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 8 orang siswa (21%) yang tuntas, serta 30 orang siswa (79%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 20 orang siswa (52%) yang tuntas, sedangkan 18 orang siswa (48%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 34 orang siswa (89%) yang tuntas, sedangkan 4 orang siswa (11%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari tes awal memperoleh rata-rata sebesar 1,6 , pada siklus I memperoleh rata-rata 2,1 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,2. Hasil ketuntasan belajar matematika dan observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi pada siswa MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG meningkat ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran en_US
dc.subject Penyelesaian Soal Secara Sistematis, en_US
dc.subject Metode Diskusi, Hasil Belajar, en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title Penerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Pada Latihan Melalui Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mas Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2017-2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account