Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9917
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNida, Khairun-
dc.date.accessioned2020-11-10T08:08:38Z-
dc.date.available2020-11-10T08:08:38Z-
dc.date.issued2018-10-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9917-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi terhadap pendapatan usaha dodol dan kelayakan usaha dodol serta untuk mengetahui pemasaran dodol di Kecamatan Tanjung Pura. Pemilihan lokasi di Kecamatan Tanjung Pura dilakukan dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Tanjung Pura merupakan sentra produksi dan pemasaran dodol di Kabupaten Langkat. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Paya Perupuk, Desa Pematang Tengah dan Desa Serapuh Asli. Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode sampling jenuh (sensus) yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, dengan jumlah responden yaitu 39 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, R/C Ratio, B/C Ratio, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan/ serempak biaya bahan baku, biaya pengemasan, biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja, dan biaya penyusutan memiliki pengaruh yang nyata terhadap pendapatan/ kg dodol. Secara parsial biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya penyusutan/ kg dodol memliki pengaruh yang nyata terhadap pendapatan/ kg dodol. Sedangkan biaya pengemasan dan biaya bahan bakar/ kg dodol secara parsial tidak memiliki pengaruh yang nyata terhadap pendapatan/ kg dodol. Usaha dodol di Kecamatan Tanjung Pura di tinjau berdasarkan R/C ratio layak untuk diusahakan karena R/C Ratio 1,78 > 1. Sedangkan kelayakan usaha dodol ditinjau berdasarkan B/C Ratio secara ekonomi tidak efisien tetapi masih tetap layak untuk diusahakan karena B/C Ratio 0,78 < 1. Pemasaran dodol di Kecamatan Tanjung Pura dilakukan secara langsung yaitu dari produsen langsung kepada konsumen, artinya hanya ada 1 saluran pemasaran saja pada usaha dodol ini.en_US
dc.subjectDodolen_US
dc.subjectPendapatanen_US
dc.subjectKelayakanen_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.titleAnalisis Pendapatan Usaha Produksi Dodol (Studi Kasus : Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAIRUN NIDA.pdf1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.