Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/973
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membantu Perencanaan Pengembangan Karir Siswa Kelas XII SMA ASUHAN DAYA Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Wulandari, Rizki
Keywords: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok;Perencanaan Pengembangan Karir.
Issue Date: 26-Mar-2018
Abstract: Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu memahami, berargumentasi atau menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam proses belajar mengajar, kurang mampu tanggap terhadap pertanyaanpertanyaan dikelas, takut untuk mengemukakan pendapat, kurang mampu mengontrol diri saat diberi pertanyaan dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk Membantu Perencanaan Pengembangan Karir Siswa Kelas XII SMA ASUHAN DAYA Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Asuhan Daya berjumlah sebanyak 28 siswa dan objeknya adalah 10 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk membantu perencanaan pengembangan karir siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dalam membantu perencanaan karir sudah diterapkan seiring pembiasaan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan adanya layanan tersebut, masalah anak yang mengalami kesulitan menentukan perencanaan pengembangan karir siswa sudah mulai mampu untuk memahami dengan baik khususnya pada kelas XII di SMA Asuhan Daya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/973
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
48. skripsi riski wulandari.pdf3.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.