Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9639
Title: Pengaruh Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Authors: Hutabarat, Dina Safira
Keywords: Hasil Belajar;Resource Based Learning
Issue Date: 11-Oct-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian the post-test only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Medan, dengan pengambilan sampel kelas VII-2, dimana kelas ini diterapkan 2 kali uji pertama kali menggunakan uji konvensional kemudian menggunakn uji eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk esai sebanyak 10 soal pokok bahasan segi empat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung 10,898 dan t tabel 1,9908 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel (10,898 > 1,9908), jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi resource based lerning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9639
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DINA SAFIRA HUTABARAT.pdf2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.