Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan Strategi Resource Based Learning Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian the post-test only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Medan, dengan pengambilan sampel kelas VII-2, dimana kelas ini diterapkan 2 kali uji pertama kali menggunakan uji konvensional kemudian menggunakn uji eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berbentuk esai sebanyak 10 soal pokok bahasan segi empat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung 10,898 dan t tabel 1,9908 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel (10,898 > 1,9908), jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi resource based lerning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.