Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9187
Title: Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan Accelerated Learning Cycle (ALC) pada siswa SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2019/2020
Authors: Wizriyati, Vira Wilanda
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah;Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle
Issue Date: 10-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan accelerated learning cycle (ALC) di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 03 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 03 Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 35 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase siswa yang tuntas hanya 8,57% dengan rata-rata hasil belajar 29,89%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase kemampuan pemecahan masalah 51,43% dan rata-rata hasil belajar 63,14% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48,57% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 77,23%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase kemampuan pemecahan masalah 80,72% dan rata-rata hasil belajar 81,17% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,72% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 88,89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah accelerated learning cycle (ALC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah accelerated learning cycle (ALC) dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9187
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI VIRA WILANDA WIZRIYANTI.pdf1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.