Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
dengan pendekatan accelerated learning cycle (ALC) di kelas VIII-B SMP
Muhammadiyah 03 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 03
Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 35 siswa. Pokok
bahasan yang diteliti adalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).
Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Hasil
penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase siswa yang tuntas hanya
8,57% dengan rata-rata hasil belajar 29,89%. Hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan persentase kemampuan pemecahan masalah 51,43% dan rata-rata
hasil belajar 63,14% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48,57% serta
rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 77,23%. Hasil
penelitian pada siklus II menunjukkan persentase kemampuan pemecahan
masalah 80,72% dan rata-rata hasil belajar 81,17% dengan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 85,72% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika
sebesar 88,89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah accelerated learning cycle
(ALC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Saran yang dapat diajukan adalah accelerated learning cycle (ALC) dapat
dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika.