Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/910
Title: Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Viii Mts N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Siregar, Noor Asiyah
Keywords: Layanan Informasi;Self-Control
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan pemahaman self-control siswa kelas VIII MTs N 3 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa pre-eksperiment dengan desain one group pre and post test design. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 180 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 35 siswa dengan menggunakan random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil self-control siswa di kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dapat dikatakan keadaan self-control siswa berada pada tingkat yang cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata 57,6. Setelah diberikan perlakuan (post-test) maka self-control siswa kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan yang cenderung tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test yaitu berada pada skor rata-rata 65,3. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,3023 dengan menggunakan tarif signifikan nyata (a=0,05) dan dengan d.b = n-1. Maka diperoleh ttabel = 1,68975 Karena nilai thitung > ttabel (5,3023 > 1,68975) maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap self-control siswa kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/910
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NOOR ASIYAH SIREGAR.pdfFulltext7.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.