Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9058
Title: Pengembangan media pembelajaan berbasis ICT pada Materi Trigonometri Kelas X SMK
Authors: Pamungkas, Sugeng Adi
Keywords: Media Pembelajaran;ICT,Trigonometri;Research and Development
Issue Date: 3-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembalajaran berbasis ICT pada materi trigonometri kelas X SMK, (2)Mengetahui penilaian ahli media dan penilaian ahli materi dan siswa terhadap media pembelajaran, (3)Serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK YPT Pangkalan Berandan dengan menggunakan metode (Research and Development) dan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian dan pengembangan : (1) Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yang diambil dari tahapan Borg and Gall, tahapan ini meliputi Analysis,perencanaan, pengembangan, validasi, revisi, uji coba small gorup. Tahap analysis meliputi analisis tugas, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perencanaan meliputi pemilihan bentuk media, serta konsepnya. Tahap pengembangan meliputi pembuatan produk media pembelajaran, serta validasi dari ahli media dan materi dan revisi yang disarankan. Dari beberapa validasi yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 yang jika dikonversikan dalam kategori sangat baik, (2) Validasi ahli materi memperoleh skor dengan rata-rata 4,2 dalam kategori baik, (3) Penilaian siswa memperoleh skor dengan rata-rata 4,2 yang masih dalam kategori baik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis ICT layak digunakan di kelas X SMK YPT Pangkalan Berandan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9058
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUGENG ADI PAMUNGKAS.pdf12.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.