Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembalajaran
berbasis ICT pada materi trigonometri kelas X SMK, (2)Mengetahui penilaian
ahli media dan penilaian ahli materi dan siswa terhadap media pembelajaran,
(3)Serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli
media, ahli materi dan siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMK YPT Pangkalan Berandan dengan
menggunakan metode (Research and Development) dan menggunakan prosedur
pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan angket.
Hasil penelitian dan pengembangan : (1) Penelitian pengembangan ini
dilakukan dengan beberapa tahapan yang diambil dari tahapan Borg and Gall,
tahapan ini meliputi Analysis,perencanaan, pengembangan, validasi, revisi, uji
coba small gorup. Tahap analysis meliputi analisis tugas, analisis karakteristik
peserta didik, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perencanaan meliputi
pemilihan bentuk media, serta konsepnya. Tahap pengembangan meliputi
pembuatan produk media pembelajaran, serta validasi dari ahli media dan materi
dan revisi yang disarankan.
Dari beberapa validasi yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : (1)
Validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,7 yang jika dikonversikan dalam
kategori sangat baik, (2) Validasi ahli materi memperoleh skor dengan rata-rata
4,2 dalam kategori baik, (3) Penilaian siswa memperoleh skor dengan rata-rata 4,2
yang masih dalam kategori baik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis
ICT layak digunakan di kelas X SMK YPT Pangkalan Berandan.